Single post

Cara Mengetahui Kebenaran Berita di Internet

Kecanggihan dan perkembangan teknologi internet yang saat ini sedang mengalami peningkatan yang tajam membuat segala informasi yang berasal dari dalam maupun luar negeri dapat dengan mudahnya diakses oleh semua orang dari berbagai kalangan. Kini, kita tidak hanya melihat berita dari televisi dan radio saja, kita dapat mencari dan memperbaharui dari internet.

Faktanya informasi atau berita di internetlah yang paling up to date atau terbaru dari media pemberitaan yang ada saat ini. Itulah kenapa sebuah berita internet tiada jeda untuk menerbitkan konten berita setiap hari, bahkan setiap detiknya.

Akan tetapi berita yang bersumber dari internet tidak semuanya merupakan berita yang sebenarnya. Selalu saja ada oknum-oknum yang berusaha menerbitkan berita palsu atau hoax hanya demi mendompleng popularitas atau semata mata hanya sekedar menarik pengunjung untuk membuka websitenya.

Cara mengetahui berita hoax atau tidak, ternyata dapat kita lakukan dengan mudah. Semakin bertambah banyak pengguna internet semakin bertambah banyak juga berita dan informasi yang bisa kita peroleh. Semakin cepat pula sebuah berita dapat menyebar. Berita yang dikirim oleh seseorang cepat sekali sampai pada orang lain karena ada orang lain yang membagikannya dengan segera.

Berikut beberapa cara untuk mengecek kebenaran berita di internet.

  • Cek Alamat Situs Berita

Pertama cek URL atau alamat situs beritanya. Banyak berita hoax yang model penyebaran beritanya dengan menggunakan nama sebuah perusahaan media yang sudah dikenal. Tampilan halaman mukanya pun dibuat sedemikian rupa hingga terlihat mirip asli.
Untuk mengetahuinya dapat dengan memperhatikan URL-nya. Apakah alamat situs beritanya betul atau ternyata berbeda.

  • Melakukan Pengecekan di Google

Melakukan pengecekan adalah cara paling ampuh untuk membuktikan kebenaran suatu berita. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan mesin pencari Google.

Saat ini google dapat melakukan pengecekan foto, caranya hanya dengan men-drag foto tersebut ke halaman google images untuk mencari informasi lebih dalam kebenarannya secara online.

  • Membaca Artikel tersebut dengan Cermat

Cara yang paling mudah untuk mengenali ciri-ciri konten hoax adalah dengan membaca secara cermat dan menyeluruh pada setiap bangunan kata dan kalimat yang disusun, bukan hanya pada judul. Kemudian menandai apakah ada kejanggalan-kejanggalan yang ditemukan.

Berikut adalah tips mengenali kejanggalan konten hoax

  1. Apakah sumber berita dari media yang jelas dan kredibel atau bukan
  2. Apakah isinya bertentangan dengan logika umum dan ilmu pengetahuan atau terdapat kontradiksi dengan fakta yang sudah umum diketahui
  3. Konten hoax umumnya menggunakan istilah yang terkesan ilmiah, seringkali membawa nama-nama organisasi besar, ilmuan fiktif, tanpa disertai bukti yang kuat, yang tujuannya memanfaatkan keawaman pembaca
  4. Penggunaan kata-kata paranoid  atau konstruksi kalimat yang mendorong pembaca untuk menyebarluaskan pesan tersebut

Leave a Reply

theme by teslathemes
%d bloggers like this: