Ulet Ayam


Permasalahan dalam TK dan PAUD adalah minimnnya metode bahan ajar khususnya untuk anak TK dan PAUD. Dibutuhkan permainan yang menggabungkan motoric, emosi, dan softskill secara bersamaan. Pada dasarnya untuk usia 3-5 tahun lebih banyak ke aspek motoric atau gerak. Berdasarkan hasil wawancara dari Ketua PKG Arcamanik tidak semua TK memiliki ruang yang cukup untuk dapat melaksanakan kegiatan berbasis motorik sehingga variasi metode ajar menjadi sangat terbatas. Saat ini terdapat alternative permainan berbasis motoric untuk keterbatasan tempat salah satunya adalah permainan engklek, ular tangga dan kegiatan lainnya yang dapat mengasah aspek motorik siswa. Namun mengingat terjadi pandemic Covid maka permainan outdoor menjadi sangat terbatas dan menjadi kendala dari pengembangan permainan.

Atas latar belakang itulah, muncul ide untuk membuat permainan sederhan berupa board games yang dapat dikembangkan sendiri. Sebenarnya konsep board games sudah banyak namun kali ini dikemas dengan sesuatu yang berbeda. Di kutip dari https://bulelengkab.go.id/ manfaat ular tangga diantaranya adalah:

  • membantu menumbuhkan perkembangan bahasa anak
  • melatih dan menumbuhkan kemampuan sosial emosional
  • melatih kemampuan berpikir
  • menambah kemampuan mengenal angka dan matematika sederhana
  • melatih kemampuan dalam mengenal bentuk dan warna

oleh karena itu lahirlah permainan ULET AYAM, sebenarnya  permainan ulat ayam ini mengikuti permainan ular tangga, diceritakan anak ayam sedang tersasar menuju kerumahnya, sang induk membawa anak ayam kembali kesarang namun dengan perjalanan lika-liku. Papan permainan dapat di print pada ukuran kertas A4 sebanyak 4 lembar atau dapat juga di cetak ukuran spanduk yang besar. Bidak dapat dipakai mainan apa saja yang dimiliki dirumah. Untuk membuat dadu dapat mengikuti pola yang sudah tersebar di internet. Usia pemain mulai dari PAUD hingga SD kelas 3. Namun masih bisa dikembangkan sesuaia pemain. Hal yang membedakannya adalah tantangan setiap area dan kartu tantangan tambahan. Ingin tahu cara bermainnya??

ATURAN BERMAIN

  1. Setiap langkah maju +10,
  2. Setiap Langkah mundur -10
  3. Setiap bertemu ulat maka turun
  4. Setiap bertemu tangga bisa melaju lebih cepat.
  5. Setiap kotak terdapat aktivitas lihat table 1 untuk keterangan aktivitas, jika warna kotakmu merah atau ungu maka kamu bisa mendapatkan aktivitas ganda
  6. Jika berada di area merah, buka kartu merah
  7. Jika berada di area ungu, buka kartu ungu
  8. Setiap tantangan benar di kartu merah mendapat +5
  9. jika mendapat sekantung gandum maka kamu mendapat tambahan bonus score 500
  10. Jika mendapat kartu ungu, maka jawablah pertanyaanya, jika tidak bisa menjawab tidak bisa maju.
  11. Jika mendapat kartu merah, maka ada kesempatan untuk maju, mundur bahkan mendapat bonus
  12. Untuk nomor 21 jika ayam tidak mau dikurung, sebutkan pancasila secara lengkap. Jika kurang lengkap, nilaimu dikurangi 100
  13. Jika menemukan lubang, maka kamu akan kembali ke nomor 21 untuk dikurung.
  14. Catat score pemain untuk setiap putaran. Nlai terbesar makan dialah pemenangnya.
  15. Orangtua atau pengajar bisa membuat sendiri table keterangan aktvititas dan lebih banyak kartu (merah dan ungu) disesuaikan tingkat kesulitan tantangan sesuai usia ananda
  16. Selamat bermain! Permainan ini mampu merekatkan hubungan antara orang tua, saudara, kerabat terdekat anda!

intinya permainan ini bukan menang dan kalah tapi bagaimana kita dapat menjadi lebih dekat dengan siswa, anak dan kerabat, score untuk menambah keseruan bermain. jika kalian berminat bisa menghubungi email saya:

[email protected] for free. Saya tidak menjual murni untuk membantu para pengajar, guru2 dan orang tua yang ingin mencoba metode ajar baru. Selamat bermain!

 

ps: Desain sudah memiliki hak cipta, boleh digunakan tapi tidak boleh diperjual belikan tanpa sepetahuan pengembang.


Leave a Reply